Rabu, 27 April 2011

Taplak Gunung

Tempo hari gue nemuin hal langka lagi pas keluar malem??? anak-anak sepanjang jalan di gang rumah seragam pada maenin taplak gunung. you know lah yah maenan rakyat jelata yang gak pernah habis dimakan jaman. hihi,, awalnya sih gw sempet mikir nih anak-anak kecil pada ngapain yah? gambar-gambar di jalan, eh pas gw "cokodot" ke tkp gk taunya pada asik gambar batu taplak. Mulai dari angka 1 lanjut ke angka 2, dan 3,4-5 digabung jadi satu gambar and then for sixth (6) memisahkan antara angka 7-8. Tapi ada nih gambar nyang nunjukin kalo kenapa disebut Taplak gunung?? yaitu Gunung terakhir kalo digambar ama anak-anak gang, kadang mencong kada gede sebelah,,huahua,,gunung ape benjolan tuh?? buakaka :D

vi.sualize.us

Oh iya gue lupa, bahan-bahan nyang dibutuhin simpel banget sih, mulai dari kapur trus lanjut pake pecahan asbes ato kaga genteng.kebanyakan ngembat kapur sekolahan dulu (waktu jaman gue_red_). anak-anak skrg mah udah mulai canggih pake batu bata buat gambar gunungnya. selanjutnya kita langsung maen dengan harap-harap cemas. (biasanya udah ada emak-emak di gang rumah pada ngomelin anak-anak tuh karena corat-coret jalanan). gw pikir kreatifitas kita semua anak-anak kampung berawal dari gambar-gambar di jalanan kali y?? wekeke..(berasa kreatif john?).

Kalo inget-inget maennya sih rada kocak juga, gw liat anak-anak persis bet pas waktu kecil maenin nih benda. Langkah pertama gw coba tiup-tiup tuh batu pilihan dari asbes ancuran rumah, abis itu di jimatin biar menang di tiap permainan..Mantab!!! abis niup-niup pecahan asbes langsung gw lemparin dah ke kotak nyang dituju dan selalu dimulai dari angka 1 untuk disinggahi lalu ke 2-3. nah makin k atas makin susah dah tuh buat lemparannya, karena 4 dan 5 kudu di masukin juga ampe ke 6 dan lanjut ke 7-8. for the last pastinya lempar gunung. nah yang jadi rules dari permainan ini cukup sederhana aja, kita gk boleh lewat garis dari yang udah dibuat sebelumnya.

Liatin bocah-bocah bermain asik ama dunianya, permainan tradisional dan merakyat gue rasa kudu sering-sering nih di kampanyein lagi lewat tipi-tipi. Ketimbang jaman karang yang muda dan tua sibuk asik berada depan komputer sambil ketawa-ketiwi sendirian. so..kite emang gak bisa balik lagi ke jaman dulu cuma setiap maenan pasti banyak nyimpen makna nyang dalem..kayak kebersamaan dan sikap saling kepedulian diantara temen-temen sepermainan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan, komentar,kritik atau saran